Skip to main content

Yang Unik dari Game Mario Bros

Sejak lahir di tahun 1983, Mario Bros telah menjadi milioner yang menghasilkan jutaan dolar, yang menjadikannya salah satu game terbesar yang pernah dibikin. Siapa yang gak kenal tukang ledeng asal Italia, ngomong dalam bahasa Inggris, terlihat seperti orang Meksiko, berjalan seperti orang Jamaika, melompat seperti pria kulit hitam, dan meraih koin seperti orang Yahudi ini...?

Ada jutaan gamers di seluruh penjuru bumi yang tumbuh besar bersama Mario dan Luigi, mati-matian mencari jamur, melawan kura-kura, naga, demi mendapatkan tuan putri. Tapi ternyata ada beberapa hal tentang Mario yang belum orang tahu... Apa itu...? Let's cekidot____________


1. Sukses itu datang dari sesuatu yang kecil
Tahu gak sih...? Dokumen tipe Word jauh lebih besar dari ukuran game Mario? Meski "cuma" berukuran 40 kB, game ini masih mempunyai 80 level yang berbeda untuk dimainkan! 

Meski tanpa grafik sekelas Call of Duty atau Modern Warfare (gak usah dibandingin), Mario terjual sangat laris, karena adanya "rasa perjalanannya yang luar biasa" untuk menyelamatkan tuan putri. Design aslinya selalu menggunakan grafik yang sama lagi dan lagi di setiap level, cuma ngeganti warna (buat siang atau malam) dan latar belakangnya.

2. Mario vs Mitos
Jumat tanggal 13 itu hari paling gaib takhayul yang membuat takut orang-orang. Perusahaan pun jarang mau melakukan sesuatu yang penting di hari ini karena khawatir akan berdampak buruk bagi perusahaan..
Dan faktanya: Mario diluncurkan ke pasaran hari Jumat 13 September 1985 

3. Terinspirasi dari Alice
Fakta kalo Mario Bros hidup di wonderland rupanya gak disengaja. Shigeru Miyamoto, bapaknya Mario, sangat terinspirasi dari dongeng Alice in Wonderland, membuat dia menambahkan fitur-fitur di buku ke game-nya. Mario kalo makan jamur akan membuat dia menjadi besar. Pernah dengar cerita yang mirip ini sebelumnya...?

Gak cuma makan jamur, kura-kura raksasa, ikan terbang, naga api, semuanya terinspirasi dari buku karya Lewis Carroll ini. Jadi, Mario Bros bukan cuma salah saru game terhebat yang pernah ada, tapi juga terinspirasi dari buku paling terkenal di dunia yang pernah ditulis. 

4. Design yang Kebetulan
Ada yang sulit waktu awal pembuatan design Mario, karena di layar ukuran kepala cukup kecil sehingga sulit menambahkan detail seperti rambut dan mulut. Topi Mario akhirnya dapat mengganti rambut yang bikin ribet, dan kumis dapat menggantikan mulut dan dapat terlihat lebih jelas dari mulut. Briliant! Malahan sekarang topi dan kumis kini menjadi khas dari Mario yang mudah diingat orang.

5. Pukulan tukang ledeng yang terkenal

Gamers akan sangat tertarik kalo tahu Mario tidak pernah dengan bego-nya nyundul bata atau kotak papan pake kepala. Sekilas memang terlihat nyundul pake kepala, tapi kalau kita lihat dekat dan dengan pendekatan hati-ke-hati ternyata ada tangan yang nongol di belakang kepala Mario untuk memukul bata.
Awalnya Mario adalah seorang tukang kayu, tapi karena gak cocok dengan suasana game yang penuh pipa ledeng, akhirnya Mario pindah profesi. Ini juga penyebab kenapa level terbaik adalah pas di bawah air, ketika kita dapat melihat Mario berenang panik untuk sampai di pipa berikutnya.

6. Mario yang Membayar Hutang
Mario sebelumnya punya nama-nama yang aneh, tapi akhirnya jatuh ke nama Italia yang terkenal. Mario Seagale, pemilik dari Nintendo Headquarters di Amerika, saat itu tiba-tiba menyela pertemuan untuk mengumpulkan beberapa tagihan hutang yang jatuh tempo.Entah bagaimana pertemuan itu berlangsung selanjutnya, tapi produksi game dilanjutkan dan karakter yang kita kenal dengan Mario akhirnya "tasmiyah" dan punya nama baru.

7. Fame and Fortune
Tak pernah sebelumnya ada karakter dalam industri game yang punya kesempatan sebanyak Mario. Dia muncul di ratusan video game, dan bahkan punya TV Series sendiri. Ide game masih dipertahankan, dan hingga saat ini orang-orang masih main Mario Bros, dan saya sendiri sudah 13 tahun maen gak pernah tamat

sumber: http://www.epicweird.com/7-bizarre-facts-about-the-mario-bros

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Save The Princess!!!

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika