Skip to main content

Arti Sebuah Lambang OSIS

 Walau pun sudah lama gak lagi berbaju SMP dan SMA, dan juga sudah bertahun-tahun telah memakainya, ternyata, aku baru tahu filosofi dibalik lambang OSIS. Ku kira sih, lambang OSIS cuma hiasan di dada, menambah ke-keren-an seragam sekolah. Ini dia.

1. Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga
Bunga harapan bangsa! Sudut 5 berarti siswa dengan jiwa Pancasila. Dengan kesungguhan hati, siswa berusaha menjadi warga negara yang baik dengan: abdi, adab, ajar, aktif, dan amal.

2. Buku terbuka
Soal yang biasa keluar saat ujian PPKn: Bagaimana pelajar mengisi pembangunan...? Dengan rajin belajar... Inilah maksud buku terbuka.

3. Kunci pas
Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala kesulitan. Diharapkan siswa dapat menjadi warga negara yang dapat memecahkan permasalah bangsa dengan keilmuan mereka.

4. Tangan terbuka
Ringan tangan (bukan suka nambar, tapi suka menolong) sesama siswa dan kepada masyarakat. (ringan tangan kepada sesama siswa? ngajarin nyontek? wkwkwk)

5. Biduk/ perahu (dibelakang tulisan OSIS)
Belajar dan sekolah yang merupakan kendaraan siswa untuk menjadi pribadi yang lebih baik

6. Pelangi merah putih
Kehidupan yang adil dan makmur untuk Indonesia, sesuai dengan Pancasila

7. Tujuh belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, lima daun kapas
Mempertahankan kemerdekaan adalah tanggung jawab yang sangat besar. Lambang ini di dalam OSIS akan selalu mengingatkan siswa untuk menjaga kemerdekaan yang telah diraih dengan pengorbanan yang sangat besar oleh para pahlawan sebelum kita.

8. Warna kuning
Kuning adalah warna yang agung (terkadang juga warna keramat). Memberikan kepercayaan pada generasi muda untuk berbuat baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

9. Warna coklat
Warna tanah air Indonesia... (jadi kalo di kutub mungkin diganti warna putih). Mengingatkan untuk selalu berbuat untuk tanah air tercinta.

10. Warna merah putih
Semangat kebangsaan Indonesia Raya!

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

[Pornografi terselubung] Iklan OREO basket [JOKE]