Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika

Kemaren aku habis nonton Amazing Spiderman 2. Iya, nonton, di laptop, sendirian, karena emang lagi santai. Wooo, ada manusia belut listrik, wooo Peter Parker dan Gwen Stacy yang mau LDR-an, woo, ada Green Goblin. Ada adegan seru ketika Spiderman bertarung melawan Green Goblin di sebuah menara jam. Pukul sana tendang sini, tiba-tiba Gwen terjatuh, Spiderman menembakkan jaring, mencoba menangkap, yap, dapat. Spiderman turun untuk mengetahui keadaan Gwen, dan Gwen ternyata sudah meninggal. Spiderman menatap ke langit kemudian berteriak.

Sebagian orang mungkin berpikiran Gwen meninggal gara-gara kepalanya membentur lantai sebelum Spiderman menangkapnya, sebagian lagi masa bodoh dan tidak memikirkannya, dan sebagian lagi masih bingung mencari sebabnya. Kali ini kita akan mencari penyebab kematian Gwen secara Fisika. Enjoy aja, hitung-hitungannya nggak rumit kok. So, let's bekicot_________

Ilustrasi saat Gwen Stacy terjatuh
1. Berapa kecepatan Gwen saat jatuh?
Ok, kita anggap bahwa tinggi menara jam adalah 100 meter, berat badan Gwen adalah 50 kg, dan percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2. Dengan menggunakan rumus Gerak Jatuh Bebas, maka kecepatan Gwen adalah:
v2 = 2gh
v2 = 2 x 10 x 100
v2 = 2000
v = 45 m/s
Kesimpulan: Sebelum di tangkap Spiderman, kecepatan Gwen jatuh adalah 45m/s atau 162 km/jam!

2. Berapa gaya yang harus diterima Gwen untuk berhenti dari jatuhnya?
Untuk menyetop Gwen, berarti akan ada perubahan kecepatan dari 45m/s (bergerak) ke 0 m/s (keadaan stop atau diam). Karena sebentar lagi Gwen menyentuh tanah, Spiderman harus melakukannya dengan cepat, kita anggap Spiderman memerlukan waktu 0,5 detik untuk melakukannya. Untuk mengetahuinya, kita mengingat kembali Hukum Kedua Newton:

Jika resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda tidak sama dengan nol maka benda akan mengalami percepatan atau F = m x a
Dengan menurunkan persamaan Newton tadi, kita akan mendapatkan rumus: 
F x Δt = m x Δv
(Impuls = momentum)
maka:
F x 0,5 = 50 x 45
F = 4.500 N atau sekitar 9 G

Kesimpulan: Gaya yang diterima Gwen untuk menghentikan jatuhnya adalah 4.500 N atau sekitar 9G. Dengan gaya yang sebesar itu, hitung-hitungannya adalah tidak ada bedanya Gwen berhasil ditangkap Spiderman atau Gwen jatuh langsung "menabrak" tanah.

3. Apa yang menyebabkan kematiannya?
Gaya sebesar 4.500 N mampu mengakibatkan perdarahan internal di tubuh Gwen. Organ dalam tubuh kita sebagian besar lunak (otak, hati, jantung, paru-paru, isi perut). Dari luar, tubuh Gwen mungkin tidak apa-apa, namun di dalam, banyak pembuluh darah pecah. Pecahnya pembuluh darah besar di perut mengakibatkan hilangnya darah secara masif, dan pecahnya pembuluh darah di otak dapat mengakibatkan kematian secara langsung. Leher Gwen juga melenting dengan gaya sebesar 4.500 N, dan mampu mengakibatkan kerusakan jaringan saraf di leher dan cedera tulang leher yang parah.


One of the best scene ever! Kalau kita melihat ulang scene saat itu, setelah Spiderman menembakkan jaringnya, Gwen pasrah. Gwen, lulusan terbaik di SMA, pegawai magang di Oscorp, dan penerima beasiswa dari Oxford itu pasti tahu, kalau kematian akan segera menjemputnya.

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Love Physic!

About Me

My photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback