Para Pemenang Penghargaan Nobel 2014: Yang Telah Mereka Lakukan


Sejak Alfred Nobel memulai memberikan penghargaan kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang bermanfaat besar bagi manusia 114 tahun lalu, orang-orang menjadi terpacu untuk melakukan penelitian yang terbaik. Bukan hadiah sebesar 8 juta kronor -mata uang Swedia, sekitar 97 milyar rupiah- yang menjadi motivasi mereka, tapi hasrat mereka akan pengetahuan dan kebaikan umat manusia. Kali ini banjaristi akan merangkum siapa saja peraih penghargaan Nobel di bidang Fisika, Kimia, dan Kedokteran. So, let's bekicot________

Bidang Fisika
Isamu Akasaki, Hiroshi Amano, dan Shuji Nakamura. Source: bbc
 "penemuan dari lampu LED biru sebagai sumber penerangan dan lampu hemat energi"
Sekilas gak ada yang istimewa dari apa yang mereka temukan, cuma sebuah LED berwarna biru, sebuah cahaya berwarna biru dari dioda yang di-emisikan, tapi apa yang membuat penemuan ini disebut oleh juri penghargaan Nobel ini sebagai "penemuan yang sangat bermanfaat bagi manusia"? Komite Nobel juga menambahkan "jika lampu bohlam mampu menerangi abad 20, maka abad 21 akan diterangi oleh lampu LED".


LED merupakan terobosan besar di bidang fisika kelistrikan, di mana lampu LED mampu mengubah langsung arus listrik menjadi foton cahaya, daripada lampu  bohlam tradisional yang boros -perlu memanaskan filamen agar berpijar dan bercahaya- atau lampu flouresence yang perlu diberikan tegangan listrik untuk membuat lapisan flour-nya bercahaya. 20% konsumsi listrik dunia digunakan untuk pencahayaan, dan penggunaan LED bisa memangkasnya hingga hanya 4%. Besarnya daya listrik yang dapat dihemat disebut-sebut mampu memberikan cahaya pada 1,5 milyar orang yang sampai saat ini masih belum bisa menikmati listrik.
Well, LED biru adalah jenis LED yang ditemukan terakhir, dan yang paling sulit dibuat. LED merah dan LED hijau sudah lama ditemukan, dan kehadiran LED biru sangat krusial untuk menyempurnakan kombinasi warna merah-hijau-biru menjadi LED putih. Selain digunakan untuk penerangan, LED saat ini juga bagian yang tak terpisahkan dari kita. Lihat layar LCD yang ada di TV, komputer, atau smartphone, semuanya berdasar pada teknologi LED.


Bidang Kimia
Eric Betzig, Stefan W. Hell, William E. Moerner
 "pengembangan teknik flourescence mikroskopi dengan resolusi tinggi"
Hasil Flourescence
Masalah utama dari pengamatan benda-benda ukuran supermini adalah sulitnya mengamati benda-benda "hidup" dan proses molekul di dalamnya. Memang ada mikroskop elektron yang bisa melakukan pembesaran hingga tingkat nano, tapi kelemahan mikroskop elektron adalah harus dilakukan di ruang hampa udara, di mana benda-benda seperti virus, tidak bisa dilihat aktivitasnya secara langsung. Mikroskop biasa dianggap sebagai satu-satunya cara, namun sebuah perhitungan di tahun 1873 oleh Ernst Abbe menyimpulkan bahwa penggunaan mikroskop biasa tidak akan bisa melihat benda lebih kecil dari 0,2 mikrometer (atau 1 meter dibagi 500.000 bagian).
Penemuan ini membuat kita mampu mengamati aktivitas metabolisme dan molekul di tingkat sel, yang selama ini tidak bisa dilakukan bahkan oleh mikroskop elektron sekalipun. Saatnya kita bilang "Welcome to The Nano-World"


Bidang Kedokteran
John O'Keefe, May-Britt Moser, Edvard I. Moser
"penemuan sel yang merupakan pembangun sistem posisi di otak"
Penelitian mereka selama 40 tahun, akhirnya menemukan keberadaan sel saraf yang mampu "membuat sebuah map di otak". Saat berada di tempat tertentu, sel saraf tersebut membuat gambaran peta di otak, lengkap dengan jalur arah dari dan ke tempat tersebut. Sel tersebut menandai di mana posisi kita, melakukan navigasi kemana kita akan melangkah dan merekam semua perjalanan kita, sehingga "peta sempurna" tercipta dan kita bisa mengulang perjalanan kita.
Penemuan ini juga menjadi terobosan besar bagi peneliti tentang bagaimana otak kita bekerja. Penemuan ini dapat digunakan lebih lanjut untuk penyakit Alzheimer, di mana gejala awal dari penyakit ini adalah penurunan kemampuan mengenali tempat dan lingkungan sekitar mereka.


bagian II: on progress

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and keep experimenting!

About Me

My photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback