Skip to main content

Uniknya bendera-bendera di Dunia

Tiap negara pasti punya bendera kebangsaan kan? Designya aneh-aneh, warna yang berbeda, ada bintang, palang, strip-strip... Tapi tiap-tiap elemen dalam sebuah bendera pasti ada makna tersendiri bagi negara yang mengibarkannya. Ada pekerjaan unik, vexillologis, yang meneliti makna tersembunyi dan cerita di balik bendera yang berkibar di langit biru masing-masing negara. Apa aja? Bekicot_______

Amerika Serikat
50 bintang untuk 50 daaerah di Amerika, dan 13 strip merah-putih berasal dari 13 koloni awal yang menjadi dasar negara Amrik. Bagaimana sistem pemilihan presiden di Amerika Serikat? Check this out!

Australia
Bintang kecil di dasar biru yang ada lima bukan berarti Pancasila-nya Australia, tapi menggambarkan rasi bintang Southern Cross, rasi bintang paling terang di Aussie. Bintang yang sendirian, yang punya tujuh arah, menggambarkan 6 teritori utama Aussie dan yang ketujuh untuk teritori Aussie yang lain


China
Ketika Partai Komunis merebut kekuasaan di China pada 1949, diadakan kompetisi design bendera yang baru. Bendera yang sekarang akhirnya dipilih, merah berarti revolusi, bintang besar berarti Partai Komunis, dan bintang kecil (dilangit yang biru...) berarti rakyat China.

Denmark
Kalau dari legenda, bendera ini jatuh dari langit saat rakyat Denmark berperang dengan tentara Estonia pada tahun 1219, yang akhirnya dimenangkan orang Denmark. Sejarawan percaya kalau ini berasal dari pertermpuran para Crussader atau pejuang Kristen

India
Warna orange pada bendera India menggambarkan spiritualitas, putih untuk kedamaiana, dan hijau lambang kesuburan. Oia, roda yang ada di tengah artinya adalah perubahan.

Inggris Raya
Bendera ini mulai dipakai tahun 1606, tiga tahun pasca Skotlandia dan Inggris bersatu sebagai satu kerajaan. Palang merah dan putih melambangkan ksatria Inggris, George, dan tanda silang putih dan dasar biru melambangkan ksatria Skotlandia, Andrew

Irlandia
Tidak ada cerita pasti tentang arti bendera orang Irlandia, tapi banyak yang yakin kalau ini berhubungan dengan agama di sana. Warna hijau identik dengan Katolik Irlandia, dan orange untuk Kristen Protestan yang berjuang untuk William of Orange pada tahun 1600an. Bendera ini akhirnya digunakan untuk mendamaikan dua pihak yang bertikai tersebut.

Jepang
Bulat bulat merah besar itu artinya matahari terbit. Matahari ini menyimbolkan kaisar Jepang yang merupakan keturunan dari dewa matahari Amaterasu.

Jerman
Warna bendera ini berasal dari style prajurit Jerman di awal 1800an. Prajurit itu memakai mantel hitam dengan anyaman merah, dan kancing berwarna emas.

Kanada
Warna bendera melambangkan budaya di sana, Inggris dan Prancis. Merah berarti ksatria patron Inggris, dan putih adalah emblem kerajaan Prancis. Di tengahnya, daun mapple, itu tu tanaman nasional Kanada.

Spanyol
Empat perisai di tengahnya untuk mengenang empat kerajaan kuno di Spanyol -Castile (Kastil), Leon (singa), Aragon (strip-strip), dan Navvare (rantai)

Swiss
Palang putih di dasar persegi merah melambangkan ke-kristen-an. Organisasi Palang Merah Internasional lalu membalik warnanya untuk dijadikan lambang, sebagai pendiri PMI yang dari Swiss, Henri Dunant.

Yunani
Beberapa orang mengatakan kalau sembilan strip di benderanya menggambarkan Muses, dewa seni dalam mitologi Yunani. Dan warna biru menggambarkan laut.

Nah yang ini, hebatnya bendera Norwegia:

Asik kan cerita benderanya? Ada lagi yang mau nyumbang?

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Kami bangga Merah Putih

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika