Skip to main content

Ledakan Bintang Neutron: Neutron Star Collision

Kali ini saya posting tentang pengetahuan. Kemarin lagi download di youtube, ketemu klip baru dari MUSE, yang rupanya OST Twilight: Eclipse (baru tahu soalnya gak pernah nonton Eclipse). Judulnya cukup scienc... neutron star collision, ledakan bintang neutron. Di lagunya, kenapa cinta jadi diumpamakan dengan ledakan sebuah bintang, bintang neutron lagi... Bintang neutron itu apa? Ok... berbekal hubungan baik dengan mbah google, mari kita telusuri misteri ini. Let's cekidot ________.
Bintang neutron adalah sisa dari evolusi stellar (siklus hidup bintang, jadi bintang itu lahir, kemudian bintang anak-anak, puber, dewasa, dan akhirnya mati, begitulah bahasa astronominya) yang berasal dari kerusakan gravitasional dari bintang raksasa saat bintang itu meledak. Jenis bintang seperti ini disusun oleh hampir sebagian besar neutron, yang merupakan partikel subatomik tanpa kandungan elektrik dan sedikit lebih berat dari proton (apa lagi ini...? yang pernah SMA, silahkan buka buku kimianya). Bintang neutron itu sangat panas, dan melawan kerusakan lebih jauh dengan tekanan degenerasi kuantum sesuai dengan prinsip larangan Pauli (perasaan dulu pernah baca, bentar nyari di google dulu gimana bunyinya... e... ng... ah... "dalam satu orbital tidak boleh ada bilangan kuantum yang sama" e... apa maksudnya ya...? ya sudahlah)

Bintang neutron sebenarnya ukurannya mini, kira-kira radiusnya 10 km, gak lebih besar dari halaman rumah saya... hahay. Waktu rotasinya memendek secara dramatis karena konservasi momentum sudut, beberapa bintang neutron berputar 600 kali per detik. Massa bintang neutron sangat padat, sehingga satu sendok teh bintang neutron (satu sendok teh manusia) punya berat hampir 5 milyar ton. Pada kasus yang jarang terjadi, dua bintang neutron dapat mengorbit satu sama lain dalam sistem binary, yang melepaskan energi dalam bentuk radiasi gravitasional. Setelah jutaan tahun, rotasi mereka menjadi spiral, makin lama makin cepat, semakin cepat, semakin cepat, hingga dua bintang tadi bertabrakan sangat keras dan menghasilkan ledakan yang dapat dilihat milyaran tahun cahaya jauhnya. Nah, inilah yang disebut bang Matt dengan "Neutron Star Collision": Ledakan Bintang Neutron.

Saat bertabrakan, bintang tadi bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya (300rb km/jam, jangan bandingkan dengan kecepatan F1, motoGP, atau pesawat jet, yang lain semakin ketinggalan, semakin pasrah), dan mengorbit satu sama lain 1000x per detik. Sesuai perhitungan (bukan saya yang ngitung), dua bintang neutron bergabung kurang dari seperseratus detik dan melepaskan energi yang sama kalo matahari kita bersinar selama 10 milyar tahun. Ledakan ini juga menghasilkan sinar Gamma, yang kalo planet yang dekat dari TKP ledakan, dapat seketika membuat planet itu menjadi gersang tidak berpenghuni.

I was searching
You were on a mission
Then our hearts combined like
A neutron star collision


Jadi, mungkin menurut Bang Matt, dua orang yang mencinta itu seperti 2 buah bintang neutron. Terus berada di sisi pasangannya sampai kapanpun (bintang neutron saling mengelilingi selama jutaan tahun, jadi kita anggap aja selamanya dalam hitungan manusia). Dan ketika saatnya mereka disatukan, akan menghasilkan sebuah "ledakan" yang luar biasa kuat, kekuatan cinta yang setara dengan jutaan tahun bersama, yang tidak akan bisa dipisahkan lagi. So sweat

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Neutron_star
http://www.haydenplanetarium.org/resources/ava/stars/S0606neutcoll
http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20100523172728AATaEb0

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika