Skip to main content

Sekilas Space Dementia: Fakta atau Fiksi...?

Istilah Space Dementia mulai populer pas film Armageddon muncul, ketika Buscemi "dapet" kejadiannya, dan Kolonel William Sharp-lah yang bilang"My God, he's got... space dementia..." Masalahnya, Kolonel Sharp acting-nya sempurna, mimik dan ekspresinya benar-benar meyakinkan, sehingga kita percaya bahwa Space Dementia itu ada. Bahkan, Wiki yang terkenal sangat cerdas pun, gak tahu apa-apa, kecuali bahwa Space Dementia itu lagu dari MUSE. Bahkan, kita gak bakalan dapat apa-apa, bahkan kalo mencari di situs NASA.

Nah, kalau menurut musewiki, Space Dementia adalah kondisi mental hipotesis seperti kata astronot di film-film berupa perasaan saat mereka di luar angkasa. Hal ini dapat menjadikan mereka merasa tidak berguna, ketidaknyamanan pada kontak sosial, dan kehawatiran berupa isolasi total dari ras manusia.
Apakah Space Dementia adalah salah satu rahasia NASA yang laen? Ada suatu kasus tingkah laku yang sangat aneh oleh astronot Lisa Marie Nowak. Dia berkendara 900 mil dari Texas ke Floida (ya... kurang lebih Anyer - Panarukan) dengan popok supaya tidak berhenti cuma buat pipis.

Ya... mungkin orang akan mengatakan dia mulai gila... Tapi, ketahuilah, kalo astronot nasa menjalani tes psikologis yang X-TREME sebelum diperbolehkan mengikuti program luar angkasa. Mereka tidak mungkin membawa orang dengan masalah mental terbang ke langit ke tujuh.

Di pilem, Buscemi di ikat di kursi ketika dia mulai gila. Kenyataannya lebih sangar dari fiksi, Pada SOP (standar operasional prosedur) a.k.a guidelines-nya NASA saat darurat dan krisis luar angkasa, ada juga guidelines bagaimana mengatasi kelemahan mental. Apa yang harus dilakukan ketika sesama astronot lagi down? Astronot di instruksikan diikat di kedua pergelangan tangan dan kakinya di kursi dengan lakban, tubuhnya diikat dengan tali (bukan tali rafia, tali buat bungee jumping), dan disuntikkan tranquilizers (obat penenang) dosis tinggi.

Apa yang coba kita terka...? Bahwa NASA sangat menyadari kemungkinan gangguan mental (atau space dementia?) di luar angkasa atau ingin menghindari segala kemungkinannya kalau sesuatu menjadi salah?

Kehilangan fungsi intelektual (berpikir, mengingat, dan mempertimbangkan sesuatu) yang parah, sehingga mengganggu fungsi sehari-hari. Dementia bukan penyakit, tapi lebih kepada kumpulan gejala yang mungkin menyertai penyakit atau kondisi tertentu. Gejalanya mungkin termasuk perubahan kepribadian, mood, dan perilaku. Dementia bersifat irreversibel kalau disebabkan oleh cedera, tapi bersifat reversibel kalau disebabkan oleh drugs, alkohol, hormon atau ketidakseimbangan vitamin, atau depresi.

dan lebih jauh
kerusakan mental karena perubahan fisik di otak

Kita lihat bahwa yang paling penting adalah kerusakan otak secara fisik, dan bukan cuma perilaku psikotik atau perubahan kepribadian. Dapatkah perjalanan luar angkasa mengakibatkan kerusakan pada otak manusia (manusia lho... bukan otak udang)? Sekali lagi, astronot harus melewati latihan yang keras sebelum terbang melayang. Sebagian besar latihan mensimulasikan setiap kondisi yang mungkin seperti di luar angkasa. Artinya jika otak manusia dapat rusak karena kondisi di luar angkasa, berarti dapat juga rusak waktu pelatihan di bumi?

Dan sekarang kita tiba di twilight a.k.a zona abu-abu. Apakah ET a.k.a alien punya pengaruh pada space dementia? Atau vice versa, sebaliknya? Apakah Space Dementia menjelaskan mengapa beberapa astronot "melihat" pesawat alien dan benda gak jelas lainnya, karena mereka sudah gila? Lalu, banyak astronot melihat UFO itu tertangkap kamera. Dan jika kita liat lagi gejala dari dementia, kita melihat bahwa gejalanya termasuk memori, perhatian, bahasa, dan pemecahan masalah. Tak ada mengenai halusinasi. Mungkinkah sebenarnya alien, dengan topi koboi, mengeluarkan pistol cahaya dari sarung di pinggangnya, lalu menembakkan ke astronot untuk menghapus ingatan mereka?

Sepertinya gak mungkin alien datang ke astronot, bilang cheese, lalu menghapus ingatan mereka. Tetapi, space dementia adalah topik yang sangat asing, dan kurangnya informasi (wiki sama NASA aja gak tahu) tentu membuat Space Dementia mejadi lebih misterius.

Lalu, apa kata bang Mamat soal lagu ini?
You make me sick
Because I adore you so
I love all the dirty tricks
And twisted games you play
on me

oooooooh

Space dementia in your eyes and
Peace will arise
And tear us apart
And make us meaningless again


Space Dementia adalah istilah NASA yang digunakan untuk sesuatu yang terjadi jika kita tinggal di luar angkasa dalam waktu yang lama, karena kalo kamu benar-benar mengkonsepkan keaddan disana, dan melihat bumi, hal ini dapat membuat kamu gila, sebuah lagu tentang seseorang yang sangat penting di hidupku dan yang memberikan ku space dementia ketika aku menatapnya. Sangat menyenangkan sehingga kamu menjadi obsesif, bahkan hampir khilaf.

===========================================

Sumber: tiga paragraf pertama sudah tersurat dan tersirat sumbernya....
sisanya, semuanya di sadur di sini, dengan 99% perubahan kosakata (maklum, bahasa Inggris dingsanak ae...)

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

[Pornografi terselubung] Iklan OREO basket [JOKE]