Skip to main content

Dislokasi Sendi Bahu

Dimana Sakitnya?
Ada rasa yang tak biasa, dan mulai terasa nyeri di atas dan di sekitar sendi bahu. Kadang malah menjalar ke lengan dan bagian tangan di bawahnya. Rasa sakitnya dapat kita ringankan dengan menahan posisi bahu agar tidak bergerak ke sana ke mari.

Apa yang Terjadi?
Sendi bahu itu seperti bonggol di tulang lengan atas, masuk ke daerah seperti mangkuk, sehingga tangan bisa bergerak bebas, ke atas, ke bawah, ke kiri, ke kanan, muter-muter, tapi rentan terjadi dislokasi atau perpindahan sendi. Benturan bahu dengan lantai contohnya, pada lengan yang terulur, dapat memaksa ujung tulang yang seperti bonggol tadi keluar dari tempatnya yang berbentuk mangkuk tadi. Bisa juga gara-gara lengan terlalu tertarik ke atas, yang menyebabkan peregangan yang sangat pada ligamennya.

Santai aja...
Pertama dan utama, bebat bahu dengan kain agar tidak mudah bergerak, sehingga kita-nya juga merasa nyaman. Saat terjadi dislokasi, mungkin bisa ada fraktur atau patah tulang, mungkin sedikit retak, dan ada beberapa saraf utama yang perlu dilindungi, jadi kalau menemukan orang yang mengalami dislokasi sendi bahu, atau malah kita-nya yang kena, segera bawa ke rumah sakit.

Pencegahannya?
Mencegah dislokasi bahu itu tidak mudah... tapi dengan memperkuat otot dan tendon akan menurunkan resiko kejadiannya. Alternatif lain, kalau kebetulan sudah pernah mengalami neh, kita bisa mencoba beberapa latihan untuk menurunkan kemungkinan terjadi lagi. Kalau gak bisa pergi ke gym, latihan sederhana seperti press-ups, dips, dan chin-ups akan membantu memperkuat bahu terhadap cedera yang potensial


Seri Cedera Olahraga yang lain:
Dislokasi Sendi Bahu
Cedera Shin Splints
Cedera Hamstring

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Stay Health and Alive!

Martabak spesial thanks: fourfourtwo.com untuk infonya, dan presentermedia.com untuk animasi gambarnya

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika