Skip to main content

Doping: Obat, Efek, dan Pemeriksaannya

Penggemar olahraga balap sepeda pasti tau balap sepeda muter-muter Prancis atau tour de france, juga pasti tau siapa yang menjadi raja balapan ini. Lance Armstrong (gak ada hubungan saudara sama Neil Armstrong) sudah menjuarai turnamen ini 7 kali berturut-turut, dari tahun 1999-2005, dan meski belum pernah ikut balap sepeda Tour de East Java atau Tour de Singkarak, Lance Armastrong tetap merupakan pembalap sepeda paling disegani, tapi semuanya berubah sejak negara api menye... eh, USADA menyerang. USADA atau Badan Anti Doping Amerika dengan laporan seribu halaman melaporkan pada Badan Sepeda Dunia (UCI) dan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) dugaan doping Lance Armstrong dan gelar Lance Armstrong pun dicabut, serta dilarang tampil membalap lagi selama sisa hidupnya, dan tak ada lagi tempat baginya di dunia sepeda. Ngeri ya... Sebegitu hinakah pemakai doping? Apa sih obat-obatan doping itu? Gimana efeknya? Let's bekicot___________

lance-armstrong
Juara dunia 7 kali, Lance Armstrong
Doping
Intinya, doping adalah zat asing atau obat yang dapat meningkatkan performa dan stamina seseorang, makanya sering digunakan oleh atlet supaya bisa menang.

Obat-obatan yang tergolong Doping dan Efeknya
Ada beberapa jenis obat yang termasuk dilarang dalam olahraga, bahkan dilarang dipakai bebas.
sourcepic:dreamstime.com
1. Stimulans
Jelas kan, buat menstimulasi atau merangsang tubuh, seperti meningkatkan kerja jantung nafas, serta fungsi otak. Jadi orang lebih berenergi, gak cepat lelah. Contohnya golongan kokain.
2. Analgesik Narkotik
Sesuai namanya, obat ini dapat menghilangkan rasa sakit. Jadi misalnya tu atlet latihan 1 jam biasanya sudah sakit tangan atau kakinya, dengan obat ini, sakit tersebut jadi hilang. Atau juga atlet yang lagi cedera. Dengan obat ini bisa menghilangkan rasa sakitnya. Contoh obatnya golongan morfin dan heroin. Jenis obat yang juga setipe dengan analgesik narkotik adalah glukokortikoid
3. Betabloker
Berbeda dengan yang lain, obat buat penyakit jantung ini malah bisa menenangkan dan menurunkan denyut jantung. Buat apa sih? Tentu saja buat olahraga yang perlu ketenangan tinggi, seperti memanah atau menembak. Bisa digunakan kalo mau nembak cewek, biar tenang, gak gugup.
4. Anabolic Steroid Androgenik (ASA)
Yang paling utama, obat ini dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot. Contohnya metanolone, DHEA, dan testosteron
5. Masking Agents
Meski fungsinya gak ada hubungannya sama sekali dengan peningkatan performa, seperti namanya, masking atau topeng, ne obat berfungsi untuk menutupi keberadaan obat terlarang dalam tubuh seseorang.

Pemeriksaan Doping
sampel-urin
sourcepic: drugtestpic.ca
Yang paling sering digunakan dalam pemeriksaan doping adalah sampel urin -mudah dikeluarkan-. Biasanya sebanyak 75-100mL. Urin tadi akan dianalisis untuk memeriksa kandungan zatnya. Sekarang yang paling sering digunakan adalah kromatografi gas dan spektrometri massa. Gak usah ribet, pokoknya ntar, sampel seperti urin tadi akan diuapkan sehingga jadi gas. Kemudian akan "ditembak" oleh suatu alat -namanya spektrometri- lalu akan ketahuan, zat apa saja yang ada di dalam air kencing tadi.

Doping adalah hal paling curang dari yang tercurang dalam olahraga. Sehingga, medali emas yang didapat, atau gelar yang diraih tujuh kali, bisa seketika hilang begitu saja. Dan tentu saja, rasa malu terus membayangi pelakunya -jika ketahuan sih-

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Be Sportive.

baca juga: Efek buruk Narkoba: Penampilan Wajah

referensi:
antidopingindonesia.org
ariftenis.wordpress.com/2009/12/28/doping/
ridwanaz.com/kesehatan/pengertian-doping-jenis-jenis-doping-obat-perangsang-prestasi-yang-dilarang/

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika