Skip to main content

Kenapa Kita Pas Di Kendaraan Mabok (Mabuk Darat, Laut, dan Udara)

Gak sengaja buka FB, kemudian buka page grup. Kebetulan ada yang ngomong sama wall grup "Kenapa ya kalo naik mobil bisa muntah...?" Saya pun berpikir, lha, iya juga ya... kenapa ya? Karena saya juga sering mabuk di perjalanan, saya merasa tertantang untuk mengetahui penyebabnya. Setelah jalan-jalan ke wikipedia, saya menemukan jawabanny

Motion sickness atau kinetosis, yang juga dikenal sebagi mabok perjalanan sebenarnya adalah kondisi ketidak-sinkronan persepsi visual dan sistem vestibular, yang kalau dari kondisinya bisa dibilang mabok laut, darat dan udara. Kenapa bisa tidak sinkron? Hahay... Sistem vestibular adalah sistem keseimbangan tubuh, terletak di telinga (jadi telinga selain buat mendengar, juga untuk kesimbangan). Sistem ini merupakan sistem yang membuat otak tahu bahwa kita sedang bergerak (di dalamnya ada bola-bola keseimbangan yang senantiasa bergerak kalau kita juga bergerak). Nah, poin pertama dari penjelasan tadi adalah: meski kita diam, tetapi karena kita ada di dalam kendaraan yang bergerak, maka laporan sistem ini ke otak ditanggapi otak bahwa kita juga ikut bergerak.
Nah, saat di dalam kendaraan (mobil, kapal, pesawat, whatever lah), kita sering kali melihat yang itu-itu saja. Kalo lo kebetulan duduk di belakang, yang lo liat (gak enak neh pakai lo' lo' ) cuma 3: teman di sebelah anda, bangku gak jelas di depan anda, sama atap kendaraan. Otomatis, karena kita melihat pemandangan tadi yang seolah-olah diam di tempat, maka, mata memberikan laporan ke otak bahwa ada objek diam, sehingga pusat penglihatan di otak menganggap kita sedang diam.

 Di sini lah letak permasalahannya. Ada dua pusat pemrosesan data di otak, yang memberikan hasil yang berbeda. Yang satu bilang kita lagi bergerak, yang satunya bilang kita lagi diam. Nah, karena cuma ada satu yang benar, otak bingung, padahal kedua sistem memberikan data yang sangat objektif yang didukung oleh fakta-fakta yang bisa dibilang sangat absah, otak tidak bisa memutuskan yang mana yang benar. Sebagai jalan tengah, otak menyimpulkan bahwa satu dari sistem itu salah. Kenapa jadi salah? Otak menganggap hal ini karena keracunan makanan. Dan... karena racun harus dikeluarkan, maka, muntah'lah kita...

Nah, biasanya kan ada tuh, katanya kalau nggak mau muntah, minum aja softdrink kayak Cocolala atau spirit, nah, beneran gak sih? Ayo telusuri di Mitos Softdrink dan Mabuk Perjalanan.

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal