Skip to main content

Sejarah Hope Diamond (Berlian Hope)

berlian hope diamond
Waktu tes TOEFL beberapa waktu yang lalu, ada soal deskripsi masalah Hope Diamond. Karena gak tau apa-apa, jadi gak tertarik sama sekali, paling juga cuma "berlian harapan" sesuai artinya dalam bahasa Indonesia . Eh, beberapa hari yang lalu, iseng2 nonton Titanic di RCTI, ne berlian nongol lagi. Waktu tunangannya Rose ngasih Depp Blue Diamond, yang katanya mengalahkan Hope Diamond. EH, rupanya ne berlian emang bukan sembarang berlian . Setelah nyari wangsit sama mbah Google, akhirnya, saya tahu kenapa ne berlian begitu terkenal.

Hope Diamond alias Berlian Hope alias "Le bleu de France" alias "Le Bijou du Roi", sebuah berlian 45,52 karat (9,1 g), berwarna biru tua, dan saat ini bermukim di Smithsonian Natural History Museum di Washington DC, tepatnya di Harry Winston Gallery. Kalau dilihat dengan mata telanjang, warnanya memang biru (nah lho...? berlian warna biru...? biasanya warnanya bening kan... ?) tapi kalau akan berwarna merah menyala kalau disinari ultraviolet. Alih-alih berdalih dengan cerita tentang kutukan yang dibawa berlian ini, (silet mode: on ) intan ini merupakan Intan paling terkenal di dunia, dan setelah lukisan Monalisa yang bagi saya biasa2 aja itu, merupakan karya seni paling banyak dikunjungi di dunia dengan pengunjung yang pengen foto bareng sebanyak hampir 100juta orang sejak pindah rumah ke Museum Smithsonian sejak 1958.

Postingan ini disusun 2 jam lebih supaya bisa rampung
Dengan laparnya perut pas puasa, sempat2nya bikin tulisan ini
Hargai laparnya perut admin, jadi kalo mau copas silahkan, tapi jangan lupa cantumkan sumbernya:
Banyak sumber bilang, ne batu asalnya dari India, dari Tambang Kollur di distrik Guntur (dhuarrrr ) di Andhra Pradesh di abad ke-17. Gak ada yang tahu siapa yang nemu, tapi yang pasti dari catatan sejarah, seorang kolektor perhiasan, Jean-Baptise Tavernier menemukan intan ini (gak tau dari beli atau nyolong ), dan membawa batu yang masih belum dipotong ke Paris, dan dikenal dengan Tavernier Blue, dipotong bentuk segitiga menjadi 115 karat (23g), kemudian di jual ke raja Perancis, Louis XIV seharga 220.000 livers (147 kg emas murni ).

Oleh Louis XIV, dibawa ke tukang berlian, Sieur Pitau, untuk memoles berlian dan memotongnya hingga jadinya 67,125 karat (13,425g) yang disebut pemerintah Perancis saat itu sebagai Blue Diamond of The Crown of France (diamant bleu de la Couronne de France) atau versi sms-nya alias versi singkatnya "French Blue". Oleh Louis XV, berlian ini lalu digabung bersama batu ruby sebanyak 107 karat untuk menjadi sebuah kalung.

Di awal revolusi Perancis, di masa Louis XVi dan Maria Antoinette, September 1792, sekelompok pencuri merangsek masuk ke Garde-Meuble (Royal Storehouse, tempat penimpanan barang-barang kerajaan ) dan mengambil banyak perhiasan. Meski akhirnya perhiasan-perhiasan itu ditemukan, tapi French Blue akhirnya hilang ditelan sejarah .

Sebuah berlian biru tiba-tiba muncul di Inggris. Tak ada yang tahu apakah itu French Blue. Ada yang mengatakan berlian yang kini dikenal sebagai Hope Diamond merupakan potongan dari French Blue. Yang lain mengatakan Hope diamond merupakan "sisa" dari re-size French Blue. Entahlah yang mana, pokoknya berlian Hope kini ada di Inggris. Berlian ini berada di toko perhiasan Daniel Eliason pada September 1812, sebagaimana yang dicatat oleh John Francillon, 20 tahun setelah Revolusi Perancis. Berlian ini kemudian dimiliki oleh King George IV. Pas kematian Geroge IV tahun 1830, untuk menutupi hutang kerajaan, berlian ini akhirnya di jual melalui "jalur khusus" .

Berlian ini kemudian dibelih oleh bankir yang kaya, Philip Hope sebesar $65.000 sampai $90.000 . Saat ditampilkan pada 1839, berlian ini berbentuk medallion sederhana dikelilingi banyak berlian putih. Saat Philip Hope meninggal, berlian ini diperebutkan oleh 3 bersaudara putra Thomas Hope, saudara dari Philip Hope.


Setelah melewati jalur peradilan yang panjang dan berliku-liku (kayak Indonesia aja ), akhirnya Henry Thomas Hope, anak tertua menjadi pemilik sah, kemudian beralih ke cucunya, Lord Francis Hope. Karena banyak hutang, akhirnya berlian ini dijual dan dimiliki Joseph Frankels and Sons di New York. Masalah klasik, butuh duit , berlian ini dijual lagi seharga $400.000 ke Selim Habib, kemudian dilelangnya lagi. Berlian ini tidak terjual pada pelelangan, tapi kemudian dibeli C.H Rosenau sebesar 400.000 francs , kemudian dijual lagi ke Pierre Cartier sebesar 550.000 francs (buset dah... berapa kali pindah-pindah )

berlian hope diamond 2
Pas mau dijual ke Mrs. Evalyn Walsh McLean, ditolak karena dia tidak suka designnya. Setelah didesign ulang, akhirnya dibeli seharga $300.000 , dengan dikeliling tiga berlian putih yang besar.

Postingan ini disusun 2 jam lebih supaya bisa rampung
Dengan laparnya perut pas puasa, sempat2nya bikin tulisan ini
Hargai laparnya perut admin, jadi kalo mau copas silahkan, tapi jangan lupa cantumkan sumbernya:

Paca kematian Mrs. Evalyn tahun 1947, Harry Winston Inc membeli koleksi perhiasan Mrs. Evalyn, termasuk intan Hope. Kemudian pada 10 November 1958, Hope Diamond didonasikan ke Smithsonian Institution.

Itu tadi sejarah panjang dari intan Hope. Perkiraan harganya saat ini adalah $200juta-$250juta. Ada yang mau beli...?

Sumber:
http://www.si.edu/Encyclopedia_SI/nmnh/hope.htm
http://mineralsciences.si.edu/hope.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Hope_Diamond

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

[Pornografi terselubung] Iklan OREO basket [JOKE]