Skip to main content

Tips Membeli Handphone Baru (Cara Test)

Salah satu tempat tersibuk di Indonesia saat ini adalah counter HP. Tiap hari, ada aja orang yang lagi kebanyakan duit mau beli HP. Banyak pilihan HP yang ditawarkan oleh juragan counter, sampai-sampai kita bingung mau milih yang mana. HP ini bagus, OS-nya keren... eh tapi yang ini modelnya cool banget.... Nah, di edisi tips kali ini, banjaristi akan ngasih tahu seputar membeli HP baru, jadi ntar gak buang-buang duit gara-gara habis buat beli HP. Kasih tahu nggak ya? Kasih tahu aja deh... Mari kita bekicot_________

Alat dan bahan:
1. Sebutir stopwatch atau penghitung waktu lain
2. Sejumput headset

This is the test
Coba buka beberapa contoh image yang ada di dalam HP yan mau dibeli. Lihat ketajaman dan warnanya, terang dan gelapnya. Nah, buka juga sms-nya, coba ketik beberapa huruf, enak dilihat gak hurufnya?

2. Touchscreen 
Buka editor sms, terus ketik beberapa huruf atau kalimat pada handphone dengan touchscreen selama kurang lebih 15 detik. Lihat berapa banyak kesalahan pengetikan yang kita bikin, dan lihat juga responsif dari touchscreen-nya, cepat atau lambat merespon?

3. Kamera
Simpel, ambil aja beberapa foto atau video... Amati hasil gambarnya, tajam? colorful? Gimana hasil videonya? Tajam?

4. Prosessor
Nah, untuk nge-test prosessor handphone, buka beberapa sampel video yang mungkin di sediakan. Patah-patah gak jalan videonya? Kalau sampai patah-patah, berarti prosessornya cupu.

5. Design
Nah, ini masalah selera. Cocok nggak dipakai orang seumuran kamu? Nyaman gak digenggam? Terlalu ringan atau malah agak berat? Maunya nanti disimpan di kantong atau di tas?

6. Orientasi 
Coba ngetik sms mode HP berdiri dan berbaring (khusus HP yang layarnya bisa muter-muter). Apa layarnya muter dengan mulus? Lama gak orientasi layarnya berubah saat posisi handphone kita ganti?

7. Suara
Buka beberapa sampel musik. Pertama pakai speaker handphone dulu. Gimana suaranya? Nah, sekarang pakai headset, gimana?

Nah, silakan yang mau beli HP baru, dicoba cara-cara di atas tadi. Jangan sampe udah beli mahal-mahal, eh malah lemot HPnya.... Banting aja sudah... :D

Thanks ya for watching banjaristi... Stay tune here, and keep technology in your hand

HP itu gak usah mahal-mahal... Gak bakalan dibawa ke kubur juga...
Di kuburan nanti, di sana sinyalnya jelek, jaringannya juga lelet... 

nb: Thanks buat majalah PC World buat tips-tipsnya.

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal