Skip to main content

Mitos Soft Drink dan Mabuk Perjalanan

Saya itu termasuk orang yang gak suka jalan-jalan, apalagi jalan-jalan jauh. Selain dapat membuat kulit saya item (wkwkwkwk), saya ini juga orang yang gampang mabuk. Mabuk cinta, mabuk janda, mabuk minuman, mabuk perjalanan, apalagi naik mobil. Keringat dingin, perut mual, pengen muntah, persis seperti orang hamil. Dulu.... dulu banget, banjaristi ada ngasih info kenapa orang bisa mabuk perjalanan (di sini, kalo kenapa orang bisa mabuk cinta sih, belum ada :) ). Orang bisa mabuk perjalanan karena otak bingung, adanya perbedaan informasi yang berbeda antar indera, seperti mata dan telinga. Dan dulu, sebelum perjalanan jauh, ayah saya selalu nyiapin minuman soda, seperti spiritus -eh nggak! nggak! sprite!- yang katanya bisa membuat kita kebal dan tidak mabuk lagi. Tapi bener gak? Untuk menguji kebenarannya, ayo kita bekicot______________


Ternyata ada dua kubu mengenai soft drink untuk mencegah mabuk perjalanan ini. Yang satu bisa mencegah, yang lainnya bilang malah memicu. Waduh...

ehow, merckmanuals, blog di yahoo, dan cigna di sudut biru mendukung soft drink. Menurut mereka, soft drink dapat menenangkan perut yang lagi "ngamuk" dan pengen muntah, tapi tak ada penjelasan lebih lanjut kenapa bisa seperti itu.

Tapi, chebucto dan netplaces di sudut merah punya penjelasan lain. Mereka memang menyebutkan hindari minum soft drink, tapi lebih ke alasan kandungan yang ada dalam soft drink tersebut, yaitu kafein. Kafein dapat menyebabkan sering kencing dan meningkatkan dehidrasi. Gas di minuman yang sering bikin sendawa itu juga menyebabkan gangguan pencernaan. Chebucto menyuruh untuk menghindari kopi, teh, soft drink, dan jus buah, karena dapat meningkatkan asam lambung. Kafein dalam minuman itu juga dapat meningkatkan detak jantung, makanya kita jadi keringetan.

Tapi dua kubu tadi sama-sama menyatakan kalau minum ginger ale -minuman campuran serbuk akar jahe dan jus lemon-, dapat mencegah mabuk perjalanan. Penelitiannya sudah banyak. Di kapal yang muat 1500 orang, ginger ale bisa digunakan sebagai obat "antimabok" yang sederhana. Orang-orang NASA juga membuktikan kalau ginger ale bisa menurunkan gejala mabuk. Penelitian terbaru juga menunjukkan kalau ginger ale bisa menurunkan mual pada ibu hamil. Tapi karena jahe punya efek langsung pada darah, jadi jangan terlalu sering di minum ya.

Kalo menurut saya pribadi sih, minuman soda juga gak ngaruh sama sekali saat saya dimabuk mobil. Berapa kaleng saya minum, tetap aja saya muntah pas perjalanan *kresek mana kresek* ya walau pun sekarang sudah agak mendingan, sudah jarang muntah lagi pas jalan. Kalo kalian gimana?

Ok... thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... keep your kantong kresek!

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cerita Indomie yang Kocak, Lucu, sedikit Romantis