Skip to main content

Tango12, Bola Resmi Euro 2012

Nah, beberapa hari yang lalu, untuk menyemarakkan Euro 2012, banjaristi kemaren tu bikin  postingan hal-hal yang bakalan membuat Euro 2012 tahun ini beda (yang ini neh), salah satunya bola resminya. Biasa, di tiap turnamen bola, khususnya Piala Dunia dan Euro (Liga Indonesia gak termasuk), bolanya pasti beda, dibuat spesial untuk turnamen itu. Kebetulan, untuk Euro 2012 Polandia-Ukraina kali ini, adidas membuat bola khusus yang diberi nama Tango12. Disebut-sebut sebagai bola yang paling ketat di test dalam sejarah per-bola-an, banjaristi jadi penasaran, apa sih yang spesial dari bola ini? Kalian juga? Kalo gitu, let's bekicot_________ 

Terinspirasi oleh tradisi, dibuat untuk pertandingan hari ini!

Kali ini Adidas kembali ke bentuk Tango, itu tuh, bentuk segitiga samasisi yang sisinya bengkok ke dalam. Pertama kali di pakai di Piala Eropa '80, tiga segitiga menggambarkan nilai dari Adidas -sejarah, kesuksesan, dan kebanggaan-, untuk menunjukkan sejarah dan kesuksesan Adidas di sepakbola. 
Struktur bola modern juga dipakai Tango12. Karena gak zamannya lagi pake bola yang kulitnya bentuk segilima dan segienam, kali ini Tango12 dibentuk dari 3 jenis panel permukaan, yang kemudian dibentuk menjadi bola.
Di tengah bentuk Tango ini, ada 3 design yang berbeda, demi merayakan dongeng dan tradisi dari negara penyelenggara, Polandia dan Ukraina. Design yang mirip pappercutting ini disimbolkan oleh flora dan fauna di kedua negara, dan menggambarkan karakteristik utama sepakbola, persatuan, rivalitas, dan semangat. (Slavek dan Slavko, maskot Euro2012 juga diambil dari tradisi Polandia-Ukraina juga lho... Pengen tahu?)


Pengetesan bola baru ini dilakukan selama satu tahun, baik itu di lab-menggunakan kaki bionic super canggih- maupun di lapangan, dengan lebih dari  20 sesi tes pendek dan panjang. Yang nge-test pun bukan pemain bola tarkam, tapi tim kelas atas, seperti Ajax, AC Milan (yes), Chelsea, Legia Warsaw, Madrid, Bayern Munchen, dan pemain hebat seperti Pter Cech, Manuel Neuer, Ashley Young, Johan Elmander, Bastian Schweinstieger, David Villa, dan Xavi Hernandes. Bola kita ini juga sudah di test di berbagai macam lantai, lantai keras, ok..., rumput sintetik, ok... rumput lapangan, ok... Saat panas, hujan, salju, si Tango12 juga ditest, dengan suhu berkisar antara -10C - 35C. 
Bola ini juga pastinya lulus uji kelayakan dari FIFA, berat, keliling, kebulatan bola, pantulan, kehilangan tekanan, penyerapan air, retensi bola, plus akurasi yang dilakukan kaki robot, semuanya lolos dengan predikat cumlaude. Jadi, wajar kalau bola yang memerlukan waktu 2 tahun dari pengembangan sampe pengetesan sampe disetujui ini disebut sebagai bola terbaik yang pernah ada.


Kata mereka:
"Tepat sasaran kalo di umpan, lengket di kaki" -Ashley Young, Winger Timnas Inggris
"Gw suka bentuknya, grip-nya juga. Mudah dikontrol" -Johan Elmander, Striker Timnas Swedia, temannya Ibrahimovic.
"Aku harap dengan bola ini, kami akan sukses di kejuaraan Eropa" -Manuel Neuer, Kiper Timnas Jerman

Goodbye Jabulani... and Welcome to Mr. Tango12 from Poland...
Pengen beli bola ini gak?

sumber: http://sport-locker.net/2011/12/14/video-how-the-adidas-tango-12-was-created-and-tested/

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cerita Indomie yang Kocak, Lucu, sedikit Romantis