Skip to main content

Bagaimana Cara Kerja AEGIS, Pencegah Mikroba Sepatu

Tahun ini, adik cewe saya masuk SMP. Ya, maklumlah, masih SMP, jadi beli ini yang baru, beli itu yang baru, termasuk beli sepatu. Sepatu ini merknya c*rvil, ya... agak mahal lah. Gak sengaja, saya lihat di kotaknya, ada tulisan "protected by AEGIS anti-bacteria". Wow... teknologi terbaru dalam per-sepatu-an... mencegah bau sepatu rupanya.... pantas saja sepatu saya bau, gak ada AEGIS-nya Iseng-iseng nanya sama mbah googel, malah ketemu sepatu Adidas Zero Aegis seharga 1,2 juta. Berarti ne AEGIS memang produk terbaru... Akhirnya di situs ini, ketemulah gimana cara kerja AEGIS. Let's cekidot____________

Nama AEGIS sendiri mungkin terinspirasi dari mitologi Yunani, perisai Aegis, perisai perang punya Athena, yang dipermukaannya terdapat medusa, yang kalo seseorang ditatap oleh kepala medusa itu, orang itu langsung berubah menjadi batu.

Dasar Kerja AEGIS
Asalkan AEGIS tidak hilang entah ke mana, AEGIS tidak akan diserap oleh organisme, bahkan oleh kamu, yang makai sepatu itu sendiri. Dengan AEGIS, membran (dinding) sel dari mikroba secara fisik akan rusak karena "tusukan" atau reaksi listrik. Karena sifatnya yang tidak mudah menghilang, AEGIS tetap aktif dan tidak akan habis dan terus mengontrol pertumbuhan bakteri sepanjang waktu. Artinya AEGIS akan terus efektif sepanjang permukaan sepatu masih baik

Cara Kerja AEGIS
Bahan aktif pada AEGIS terdiri dari polymer tanpa warna, tanpa bau, bermuatan positif, yang molekulnya terikat pada permukaan yang dilindungi. Kalo boleh diumpamakan, kayak lapisan elektrik yang menutupi sebuah pedang. Ketika ada mikroorganisme yang bersentuhan dengan permukaan yang dilindungi AEGIS, molekul C-18 yang seperti pedang menusuk membran sel dan perubahan elektrik yang positif membunuh sel. Karena tidak ada yang ditransfernya ke sel yang sudah mati tadi, antimikroba AEGIS tidak kehilangan apapun, dan molekulnya siap dengan sel yang ingin mengganggu lapisan sepatu dan membuat bau.

Apa fungsi Silane pada molekul ini...?
Silane adalah agen pengikat yang super (extreme malahan) efektif yang dapat dipasangkan dengan molekul lain, kemudian dapat digunakan untuk mengikat secara permanen molekul tadi pada lapisan yang akan dilindungi. Silane memodifikasi secar virtual lapisan tersebut dan mengubahnya menjadi material yang tidak mendukung pertumbuhan bakteri.

Antimikroba apa yang digunakan?

Nah, yang ini sekedar tahu aja, gak usah dijabarin panjang-panjang, kalo masalah kimia mah, agak susah dipahami. Nah, bahan aktif AEGIS adalah 3 trimetoksisilipropiloktadesildimetil amonium klorida. Jumlahnya sih tergantung bahan yang akan dilindungi, tapi rata-rata cuma diperlukan 0,25% dari total keseluruhan bahan lapisan. Jadi, satu kilo dapat melindungi 400 kg bahan sepatu.AEGIS sendiri tidak mengandung logam berat seperti tin, perak arsenik, ataupun tembaga seperti produk lain.
Berdasarkan tes laboratorik, AERGIS dapat melindungi dari bakteri gram (+), bakteri gram (-) (bukan gram yang buat nimbang-nimbang itu ya... tapi jenis bakteri... buka lagi buku biologinya), jamur, dan alga.

Thanks 4 watching my blog...
Where's u'r comment...?

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika