Skip to main content

Hikmah Kesehatan Shalat Tahiyatul Masjid


Kemarin pergi tarawih di mesjid dekat rumah. Yah, karena dekat, gak sampe satu kilo lah, ya mending jalan aja dah... Hitung-hitung olahraga. Eh, kecepetan datang, muadzin belum adzan. Ya sudah, masuk ke mesjid, sholat Tahiyatul Masjid dulu. Selesai, masih belum adzan Isya juga. Ya sudah lagi, duduk-duduk bentar merenungi kebodohan-kebodohan yang sudah aku bikin, dan tiba-tiba kepikiran makna kesehatan di balik sholat Tahiyatul Masjid ini. Eh, benar juga ya... Subhanallah... gak nyangka, ternyata di balik kesederhanaan sholat ini, tersembunyi sebuah manfaat kesehatan yang jarang diketahui orang. Apa itu? Let's bekicot_____________


Rasulullah bersabda kalau kita memasuki mesjid, disunahkan sholat dua rakaat. Betapa Rasulullah begitu mengajarkan kita menghormati tempat ibadah. Tapi kali ini kita tidak akan membahas masalah pahala luar biasa yang bisa kita dapatkan kalau kita sholat Tahiyatul Masjid. Kali ini kita bahas masalah kesehatannya.

Seperti ceritaku di awal tadi, kan aku pergi ke mesjid tadi jalan kaki. Lumayan jauh lah, pastinya detak jantung meningkat, berarti peredaran darah akan jadi lebih cepat. Apa yang akan terjadi kalau kita habis jalan jauh, sampai di mesjid langsung duduk bersila? Peredaran darah, terutama peredaran darah vena di kaki yang mengalirkan darah kembali ke jantung akan terhambat. Akibatnya pembuluh vena jadi melebar, dan... inilah salah satu faktor resiko dari varises.


Inilah kehebatan sholat Takhiyatul Masjid. Saat sholat, kaki kita dibiarkan "istirahat" dulu. Kita berdiri, ruku', untuk melemaskan kaki kita, membiarkan peredaran darah tetap lancar. Setelah berjalanan jauh, kita dianjurkan juga untuk meregangkan kaki. Coba ingat saat kita ruku", kaki sepertinya diregangkan dengan maksimal saat gerakan ruku" ini. Adanya "istirahat" sebelum duduk, dan juga "peregangan" kaki dapat mengurangi resiko osteopo lho? varises maksudnya. 


Subhanallah... Begitu banyak manfaat tersembunyi dari ibadah dalam Islam.


Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Keep Tarawih

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal

Menjawab Kematian Gwen Stacy melalui Ilmu Fisika