Skip to main content

Cerita di Balik Gangnam Style



Ini dia salah satu lagu antah berantah dari seorang penyanyi -rapper- yang gak banyak di kenal orang, tapi bisa tahan masuk TTWW (trending topic worldwide) di twitter, dan bertahan selama berhari-hari. Lagu Gangnam Style sendiri sudah tembus 100.000.000 (seratus juta) view di YouTube! (131juta per tanggal 10 Sept dan SATU KOMA DUA MILYAR view per 8 Februari 2013). Dalam  YouTube100 (di sini), tangga lagu top video musik, PSY berada di ranking teratas, mengalahkan si Carly "Call Me Maybe" Rae Jepsen, JB, 1Direction, will.i.am juga Katty Perrry. Mengejutkan juga kalo tahu bahwa 47% penonton Gangnam Style di YouTube berasal dari Amerika Serikat, dan dari Korea Selatan sendiri "cuma" 4%.


Kalau dibandingkan dengan artis korea lain, masih berdasarkan view, komen, dan like di  YouTube, PSY masih the best. Gangnam Style sanggup mengalahkan Oh!-nya SNSD (55juta), I am the best dari 2NE1 (52 juta) (walau pun gak the best jika dibandingkan dengan Gangnam Style :p ), juga si Sexy, Free, and Single-nya SuperJunior (12 juta).

Gangnam Style gak cuma populer di  YouTube. Tapi Gangnam Style sempat berhari-hari menduduki trending topic worldwide di twitter dengan 786.321 tweet, dan di facebook sendiri, udah mencapai 267.163 like, dari hitung-hitungannya technewsgadget.

Kalau berbicara Korea Selatan, gak jauh sama SuJu, atau SNSD, atau 2NE1, atau grup lain. Tapi adakah yang bisa melewati pencapaian PSY di iTune? Dari kpopstarz.com, video ini nomor 1 di video musik chart iTune dan tembus sampai no 44 tanggal lagu Amerika Serikat yang sangat sulit ditembus itu.




All About Gangnam
Ngomong-ngomong, pasti ada yang nanya, Gangnam itu apaan sih? Faktanya adalah Gangnam adalah distrik (kabupaten) yang sangat kaya di Seoul, Korea Selatan, ibaratnya itu, Distrik Gangnam adalah Beverly Hills-nya Korea. Luasnya memang cuma 15 mil persegi, tapi menyumbang 7% dari PDB-nya Korea Selatan (produk domestik bruto: nilai keseluruhan barang dan jasa yang beredar di suatu wilayah). Hasil yang sama kalau dibandingkan persen-an PDB yang disumbangkan New York yang luasnya 300 kali Distrik Gangnam kepada Amerika Serikat. Dan 3 dewa perusahaan Korea Selatan: Hyundai, Samsung, dan LG bermarkas di sini.

All About PSY
Cowok tambun ini nama aslinya Park Jae-Sang -34 tahun, rapper-. PSY sendiri diambil dari album pertamanya di tahun 2001, PSY from The Psycho World!. Gara-gara "Konten video yang tidak pantas" di album pertama ini, PSY di denda, dan album yang kedua dilarang beredar. Belum cukup juga masalah PSY, tahun 2001 dia ditangkap karena kepemilikan Ganja. Dan terakhir, yang paling berani, dia menolak panggilan masuk wajib militer Korea Selatan.

Manajemen PSY adalah YG Entertainment, yang "cuma" membawahi 22 artis korea (kalah jauh dengan Universal Music yang nge-bos-i 798 penyanyi), dan menghasilkan 53 juta dolar pada tahun 2011. 

Gangnam Style di Mata Public Figur Dunia
Nelly Furtado membawakan lagu ini pada konsernya di Filipina pada 16 Agustus kemarin.
Vanessa Hudgens - situs pribadi: "Aku sangat terobsesi! GANGNAM STYLE!"
From tweet:
Josh Groban: "Ini adalah dunia Gangnam Style, dan kita hidup di dalamnya. Video yang mengagumkan"
Robbie Williams: "P.S. COBA LIHAT INI DAN AKU MENANTANG KALIAN UNTUK NGGAK TERSENYUM... (BAHKAN NYENGIR)"
T-Pain: "Kata-kata bahkan tidak akan bisa menggambarkan video ini!"
Britney Spears: "Aku suka video ini - sangat lucu! Aku mungkin harus mempelajari koreografinya. Ada yang mau ngajarin?"
Katy Perry: "Tolong! Aku berada di Gangnam Style K-Hole!"

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Oppa Gangnam Style!

sumber: 
wikipedia
yahoo
dailyinfographic

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Cara Melihat Hilal