Skip to main content

Cedera Shin Splints

Ok... Dimana cederanya?
Ada nyeri dan inflamasi di area sekitar 6 inchi di atas ankle, yang ada di dalam tulang tibia (tulang kering). Karena tulang kering ini terletak di bagian depan, maka nyeri sering terasa di kaki depan. Daerah ini akan sakit jika ditekan. Nyeri akan bertambah nyeri jika dibawa lari, lompat, jalan menanjak, dan jalan menurun.

Apa yang terjadi?
Otot betis menjadi meradang karena penekanan yang terus menerus di tulang kering. Beban yang berkelanjutan ini lah yang menyebabkan area ini menjadi bengkak dan nyeri.

Perawatannya?
Tujuh hingga sepuluh hari istirahat dan penerapan RICE (rest, ice, compression, elevation) menjadi pilihan penyembuhan. Selain itu, penurunan intensitas latihan yang menggunakan kaki yang tinggi bisa dilakukan. Obat resep dokter seperti anti-inflamasi juga bisa digunakan. Pola rehabilitasi tulang secara teratur seperti berenang dan bersepeda juga merupakan pilihan yang bagus.

Cegah selagi belum kena
Cedera shin splints bisa disebabkan oleh berbagai sebab, seperti otot kaki yang tegang atau lemah, penggunaan running shoes yang sudah usang atau tidak pas, juga terlalu keras berlatih, perubahan tiba-tiba intensitas, durasi, serta pola latihan sehari-hari. Jadi cara terbaik untuk tidak mengalami cedera shin splint ini adalah dengan menghindari faktor resiko penyebab cedera ini.

Train smarter, not harder


Seri Cedera Olahraga yang lain:
Dislokasi Sendi Bahu
Cedera Shin Splints
Cedera Hamstring


Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and be FIT!!!

source: Fourfourtwo magazine
Shin Splints Causes Treatment and Prevention
Bola Basket MIPA UGM: Shin Splints 

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Madihin: Nasehat dalam Canda dan Humor