Skip to main content

Kenapa ABG Banyak Labil?

Coba deh buka facebook atau twitter... Banyak banget tuh ABG labil yang berseliweran. Nama account gak jelas, tulisan gak bisa dibaca, update status tiap 5 menit, foto-foto di mana aja, apalagi yang lagi galau tuh. Banyak banget tuh yang lagi galau-galau, entah masalah cinta, duit abis, sampai yang lagi kebelet pengen ke WC. Dan kebanyakan yang galau tuh para ABG-ABG labil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Yang udah pada gede dikit, yang udah pada punya kumis tebal di bawah hidungnya, gak ada lagi istilah galau. Tuh kan, kenapa ya? Nah, begini ceritanya__________

Rupanya masalah galau ini juga membuat para peneliti ikut-ikutan galau untuk menemukan jawabannya, termasuk peneliti dari Universitas Pittshburgh di Amerika. Ternyata ini semua berhubungan dengan otak kita rupanya (kalo mau tau yang aneh-aneh masalah otak, ke sini aja).

Di otak itu, ada dua bagian yang mengurusi masalah motivasi dan pembelajaran, ada NAc (Nucleus Accumbens) dan DS (Dorsal striatum). Kalau si NAc lebih bekerja ke arah memproses keinginan dan balasan setelah mengerjakan sesuatu, kalau si DS yang mengontrol tindakan dan perilakunya. Biasanya kedua bagian ini sama aktifnya, tapi pada remaja, si DS sel-sel neuronnya lebih aktif daripada yang punya orang dewasa. So, biarpun masalahnya sama aja -diputusin pacar misalnya- respon antara ABG dan dewasa berbeda.

Dengan si DS yang lebay dalam kontrol tindakan dan prilaku, akhirnya ABG ini cenderung bertindak lebay, rentan perilaku adiktif, dan perilaku impulsif. Makanya, update status tiap 5 menit sekali, upload ratusan pose dengan pose yang gitu-gitu aja...

Tapi sebenarnya, DS ini cuma sebagian faktor aja yang menyebabkan perilaku labil di kalangan remaja. Psikis dan perilaku ABG itu kompleks banget, banyak banget, seluas kompleks Gelora Utama Bung Karno di Senayan sana.

Nah, terus kenapa sih, kalau hujan kita suka galau? Simak pembahasannya di sini

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and don't be labil ya....

oia, sumbernya dari plasma-msn

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Madihin: Nasehat dalam Canda dan Humor