Skip to main content

Tidak bisa Normal Boot setelah Safe Mode Windows 7?

Tengah malam, di saat lalu lintas internet lengang, dan orang pada ngorok tidur, saya hidupkan lah laptop. Baru aja nyala, si lebay Avira bentar-bentar ada pemberitahuan virus.... Kadang ada 30 virus, kadang 45 virus... ada juga sampe ada 150 virus terdeteksi... Udah di remove berkali-kali, tapi teteeeeepppppppp ajaaaaaa ada virusnya. Ya udah, hajar pake PCMAV buat berantas virusnya...

Di scan lah oleh PCMAV, tapi  di tengah scan, PCMAV minta komputer windows7 buat di restart dengan "safe mode". Ok.. saya restart pake safe mode, scan ulang dan... ketemu satu virus ramnit. Ok... masalah beres...

Berdasarkan cara standart untuk mengembalikan safe mode ke normal mode caranya seperti ini:
1. Restart komputer
2. pas booting, sebelum windows-nya loading, tahan tombol F8 sampai ada "Advanced Startup Option" muncul, dan pilih "Start Windows Normally"
3. Ok... kita masuk lagi ke windows normal

Saya sudah coba pake cara itu, berkali-kali, tapi teteeepppppppppppp aja masuk ke Safe Mode. Waduh... gimana nih...? Ya udah, saya bikin thread di kaskus buat nanya, dan akhirnya saya tahu masalahnya.

Masalahnya adalah pas saya masuk ke safe mode, hal ini dilakukan oleh PCMAV melalui msconfig, bukan melalui pencet-pencet F8 untuk masuk ke Advanced Startup Option. Nah, untuk mengatasinya, tinggal buka msconfig aja..
1. start ==> run ==> msconfig
2. di tab "general" check "normal startup"
3. di tab "boot", uncheck "safe mode"
4. restart deh
dan akhirnya komputer windows7 saya yang hebat booting kembali dengan caranya yang normal. Makasih buat eyang Olime yang sudah beri solusinya.

Oia, buat yang pake Windows 7, atau XP atau Vista neh, kalo mau punya tampilan desktop ala Windows 8, simak pembahasannya di tulisan banjaristi: Windows Biasa dengan Tampilan Windows 8

Thanks for watching banjaristi, semoga postingan ini membantu ya... Stay tune here, and we're 100% cinta Indonesia

Popular posts from this blog

Baca Komik Kindaichi

Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Madihin: Nasehat dalam Canda dan Humor